SHOPPING CART

close

RAMADHAN, IDUL FITRI & PANDEMI

RAMADHAN, IDUL FITRI & PANDEMI

            Gema takbir telah berkumandang, tanda hari raya Idul Fitri telah datang dan sekaligus menandai berakirnya bulan Ramadhan. Hari ini adalah hari kemenangan umat Islam seluruh dunia, semua orang kembali pada fitrahnya yang suci dengan ditandai ritual saling memaafkan satu dengan yang lain, saling silaturahmi walau hanya lewat dunia maya.

Diawali dari bulan Ramadhan, sebagai bulan perjuangan selama sebulan penuh, ini adalah bulan latihan, bulan training, dimana semua orang dikondisikan dengan berbagai aturan yang harus ditaati mulai bangun tidur sampai tidur lagi untuk merubah kebiasaan buruk mengganti dengan kebiasaan baik. Keberhasilan training ini bisa dilihat pasca Ramadhan selama 11 bulan kedepan, apakah kebiasaan baik seperti ibadah tepat waktu dll itu yang dilaksanakan selama bulan Ramadhan masih terus berlaku atau tidak? Harapannya pasti masih selalu konsisten dan komitmen, sehingga semakin hari semakin baik kebiasaan seseorang, sehingga dalam jangka panjang akan  terbentuk karakter baik seorang manusia.

Banyak manfaat juga hikmah yang bisa didapatkan dari puasa, yaitu :

  1. SPIRITUAL
    • Mengendalikan Hawa Nafsu

Dalam kondisi lapar, syahwat seseorang akan lebih mudah dikendalikan. Himbauan berpuasa para pemuda yang belum mampu menikah untuk mengendalikan hawa nafsunya. “Wahai pemuda, siapa yang mampu menikah, maka menikahlah, karena sungguh hal tersebut lebih dapat menundukkan pandangan dan lebih dapat menjaga kemaluan, dan barangsiapa yang tidak mampu (menikah) maka hendaklah ia berpuasa, karena (puasa menjadi) pengendali baginya.” (H.R. Bukhari)

    • Mencegah Diri dari Perbuatan Maksiat

Diriwayatkan Abu Hurairah, Rasulullah bersabda puasa bisa mencegah manusia dari berbuat maksiat. Jika ada seseorang yang menghinanya, sebaiknya ia berkata, “aku sedang berpuasa” (H.R. Muslim) Secara tidak langsung, orang yang berpuasa akan membentengi dirinya sendiri dari perbuatan buruk yang mengurangi pahala puasa. Semakin banyak ia berpuasa, semestinya semakin berkurang pula potensi kesalahan atau kerusakan yang diperbuatnya.

    • Meningkatkan Ketakwaan

Manfaat Ketaqwaan puasa tercantum dalam ayat perintah mengerjakan ibadah tersebut. Dalam Surah al-Baqarah : 183, Allah berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

    • Menghapus Dosa

Nabi Muhammad saw. bersabda, “Barangsiapa yang berpuasa pada bulan Ramadan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya pada masa lalu akan diampuni” (H.R. Bukhari)

 

  1. KESEHATAN
    • Menurunkan Berat Badan

Dari sisi kesehatan puasa bisa bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Karena selama berpuasa tubuh akan membakar lemak, termasuk lemak berlebih.

    • Membuang Racun Tubuh

Manfaat puasa kedua adalah untuk membuang seluruh racun dalam tubuh, hal ini dikarenakan ketika puasa, perut akan dibiarkan kosong selama 12 jam.

    • Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Ketiga, puasa bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan berpuasa, tubuh juga dapat mengatur kondisi peradangan, mengurangi kerusakan akibat radikal bebas serta membuat sel kanker kelaparan. Oleh karena itu, kekebalan tubuh menjadi semakin kuat.

    • Menjaga Kesehatan Jantung, Menurunkan Gula Darah, Mampu Mengurangi

Risiko Terkena Kanker, Mengurangi Risiko Diabetes. Manfaat puasa dari segi medis  adalah dapat mengurangi risiko diabetes. Di mana selama berpuasa, konsumsi gula mu tentu semakin berkurang dari biasanya. Dengan begitu risiko terkena diabetes pun dapat ditekan.

    • Menjaga Kesehatan Mental

Manfaat puasa yang terakhir dari segi medis yang bisa dirasakan adalah kesehatan mental dapat terjaga dan semakin meningkat. Hal tersebut disebabkan oleh produksi endorphin yang semakin meningkat saat puasa.

 

  1. KEPRIBADIAN
    • Jujur

Puasa melatih kejujuran seseorang, bahwa ada Allah yang senantiasa mengawasi dimanapun manusia berada. Bisa saja seseorang masuk kamar kemudian makan atau minum tanpa diketahui yang lain, tapi itu tidak dilakukan karena ketaatan dan kejujuran. Akirnya kejujuran ini bisa diterapkan di dunia kerja, bawahan akan tetap kerja rajin walau tidak ada atasan.

    • Disiplin

Seseorang yang lagi puasa walau lapar seperti apa tapi kalau belum tiba waktunya (walaupun kurang 1-2 menit) maka tidak akan berani makan, begitu pula sebaliknya walau ada makanan yang enak, bila sudah masuk waktu puasa, maka tidak boleh makan. Hal ini melatih kedisiplinan akan ketaatan pada aturan.

    • Sabar

Puasa adalah sarana berlatih kesabaran. Pada saat sedang menjalankan ibadah puasa ternyata ada masalah, maka tindakan yang disunahkan adalah bersabar, cukup berkata bahwa saya lagi puasa.

 

Mempelajari manfaat puasa diatas sungguh amat baik sebagai sarana pelatihan kepribadian, dalam menghadapi pandemic yang saat ini lagi melanda, problematika yang terjadi akibat pandemic ini sungguh amat komplek, seperti kedisiplinan dalam menggunakan masker, menjaga social distance, problem pekerjaan, PHK dll dimana dibutuhkan sikap dan kepribadian yang tangguh yang mencakup hal-hal diatas.

Tags:

0 thoughts on “RAMADHAN, IDUL FITRI & PANDEMI

Leave a Reply

Your email address will not be published.

OFFICE

Graha Jatimulya kav. 24 Jln Saxophone Malang

 

HOTLINE :

Wasis          : 08123397093

Yunanto      : 081555817770

Web site      : www.oasisoutboundmalang.com

Email           : oasisindonesia111@gmail.com

KATEGORI ARTIKEL

Butuh Bantuan ? Chat dengan Kami