SHOPPING CART

close

TIPE KEPRIBADIAN MANUSIA (BAGIAN 3) MELANKOLIS – READY WAY

TIPE KEPRIBADIAN MANUSIA (BAGIAN 3)

MELANKOLIS – READY WAY

 

Oleh : Oasisoutboundmalang.com

Pasti sering denger istilah yang dilontarkan orang-orang disekitarmu atau bahkan kamu sendiri pernah atau sering melontarkan kata kata ini… MELANKOLIS LUUU… ini biasanya dilontarkan jika melihat ada sohib kita yang senangnya lagu lagu melow, suka membuat puisi puisi yang kalau dibacakan sangat mendayu dayu dan membuat lawan jenisnya klepeekk kleppeeek….

Apa bener sih,, orang yang hobby nya seperti di atas adalah orang yang menurut psikologi popular disebut orang yang memiliki tipe Melankolis ??

Sebelum menebak nebak, yuk simak ulasan dibawah ini, (baca sampai tuntas ya,, biar kamu ndak salah paham n jangan lupa sediakan secangkir kopi panas biar tambah asyik bacanya )

Pada edisi ini kita akan menyajikan apa saja sih sifat positif, negative, ciri-ciri penampilan fisik, kebutuhan emosional dasar, orang yang tidak disukai, penyebab stress sampai pekerjaan yang cocok untuk orang dengan tipe Melankolis.

Sama dengan tipe Koleris dan Sanguinis, tulisan ini dibuat bukan untuk mengagung-agungkan sifat positif dan men diskriditkan sifat negatifnya, tetapi lebih kepada terhadap sifat yang positif, yuk diperkuat dan yang negative sebisa mungkin dikombinasi sehingga dapat dipergunakan untuk kemajuan dirimu, jangan lupa admin tetep berpesan bahwa bisa jadi sesorang memiliki sifat kombinasi atau lebih dari 1 sifat atau kepribadian,,, so… be smart ya..

CIRI-CIRI FISIK DAN PENAMPILAN

Sebagian besar, Melankolis memilih untuk menjadi pribadi yang tertutup, sehingga jika dia melakukan sosialisasi pada orang orang sekitarnya dia terlihat sopan, formal, menata sikap tubuh sehingga terlihat formal/resmi, gaya rambut yang tersisir rapi bahkan dari pakaiannya pun dia akan lebih memilih pakaian yang resmi (kemeja, dasi, dll). Tidak jarang dia malah terlihat seperti orang yang sangat serius, kalau bertanya dan diskusi sangat detail dan cenderung terlihat seperti orang yang sedang murung.

ORANG YANG TIDAK DISUKAI

Melankolis ini akan merasa tidak nyaman bila berada pada lingkungan yang isinya menurut dia adalah, orang-orang yang tidak cerdas, pelupa, suka berpura-pura, suka bernohong, tidak teratur dalam bekerja, terlalu banyak bicara dan orang yang banyak omong tetapi tidak bermutu. (he, he, he,,,, sepertinya admin bukan Sanguinis,, tetapi admin juga gak suka sih kalau berada di lingkungan orang-orang seperti ini.. lho.. kok malah curhat.. ha,ha,ha)

KELEMAHAN

Bekerja dengan hasil yang memuaskan memang menyenangkan, tetapi kalau sesuatu selalu harus perfek (sempurna) itu yang perlu sedikit lebih lentur dech,,, Melankolis terlihat bahwa dirinya adalah orang yang paling benar, paling cerdas, segala sesuatu harus sempurna bahkan terhadap hal-hal yang kecil dan remeh, ini kebawa sampai kalau mengambil keputusan terkesan lambat, karena sangat hati-hati, hal hal negative – perasaan sensitive yang ada di pikiran dan pengalamannya sangat mendominasi. Bisa jadi karena sifat-sifatnya yang begitu akhirnya Melankolis dikenal termasuk orang yang paling susah disenangkan oleh orang lain dan sering terlihat seperti orang yang tertekan (banyak masalah).

PENYEBAB STRES

Jangan ajak Melankolis untuk berada pada situasi yang tidak teratur, diajak untuk mengkompromikan standart dan diacuhkan atau disalah salahkan serta tidak dihargai ide-idenya, karena hal-hal itu akan membuat Melankolis stress dan tertekan.

REAKSI TERHADAP STRES

Depresi, menarik diri, menyerah, mengingat ingat masalah masa lalu, menyalahkan diri sendiri, lebih banyak menyendiri itu adalah reaksi yang sering Nampak saat Melankolis merasa dirinya tertekan oleh keadaan krn hal diatas adalah reaksi terhadap stress

KEBUTUHAN EMOSIONAL DASAR

Melankolis akan sangat berkembang jika kebutuhan dasar terhadap, Stability (kestabilan), Space (ruang gerak tersendiri/privacy), Silence (ketenangan), Sensitivity (kepekaan), dan Support (dukungan) dapat dia dapatkan (saran juga sih.. jika kebutuhan itu tidak didapatkan, baiknya situasi semacam ini bisa diciptakan sendiri)

KEKUATAN UTAMA

Ini adalah kebalikan dari kelemahan atau hal hal yang membuat Melankolis stress, Melankolis termasuk orang yang memiliki kekuatan utama dalam hal pengamatan sesuatu yang detail, membutuhkan analisis yang kuat, standart yang tinggi, prefeksionis, konsisten, jujur dan sebenarnya dia termasuk orang yang well organized untuk hal hal yang rigid atau sesuatu yang berstandart tinggi.

SEBAGAI PEMIMPIN

Melankolis termasuk orang yang mampu mengorganisir pekerjaan dengan baik, menghasilkan mutu pekerjaan yang tinggi yang menuntut standart kerja karyawan yang tinggi dan sesuai SOP yang ketat.

TUGAS DAN PEKERJAAN YANG COCOK

SO…

Kalau kamu Melankolis, admin sarankan kamu focus untuk mengejar pekerjaan yang membutuhkan sesuatu yang detail, membutuhkan kemampuan analisi yang mendalam, memerlukan kesempurnaan tinggi ,pekerjaan yang  menyususn atau tertib terhadap SOP.

Nah looo,,, bagaimana sobat ?? apakah Melankolis yang selama ini kamu ketahui sama dengan yang admin sampaikan di atas ?

….. Serta untuk kamu Melankolis atau yang punya saudara atau sohib Melankolis, sekarang jadi tahu kana pa yang perlu dihindari atau dikelola dan apa yang perlu diperkuat atau diteruskan dari yang dimiliki oleh Melankolis.

 

Keep spirit….

Tags:

0 thoughts on “TIPE KEPRIBADIAN MANUSIA (BAGIAN 3) MELANKOLIS – READY WAY

Leave a Reply

Your email address will not be published.

OFFICE

Graha Jatimulya kav. 24 Jln Saxophone Malang

 

HOTLINE :

Wasis          : 08123397093

Yunanto      : 081555817770

Web site      : www.oasisoutboundmalang.com

Email           : oasisindonesia111@gmail.com

KATEGORI ARTIKEL

Butuh Bantuan ? Chat dengan Kami