SHOPPING CART

close

AGAMA ADALAH SOLUSI

AGAMA ADALAH SOLUSI

        Dunia saat ini diguncang oleh sebuah virus yang bernama Corona atau Covid-19 yang membawa dampak luar biasa di semua lini kehidupan manusia, terutama di bidang kesehatan & perekonomian. Di bidang kesehatan virus ini sudah membunuh jutaan manusia di dunia, membawa terror ke seluruh dunia sehingga manusia takut keluar rumah. Di bidang ekonomi jutaan manusia menjadi korban PHK, banyak perusahaan yang gulung tikar atau bangkrut. Semua negara sibuk mencari solusi masing-masing dengan berbagai cara seperti lockdown dll. Belum lagi korban terdampak yang akirnya mengalami gangguan kejiwaan dari yang ringan sampai yang berat.

Dari banyak orang yang terdampak secara ekonomi, berbagai cara dilakukan manusia untuk mengatasi masalahnya, apapun dilakukan demi menjaga kehidupan keluarga, ada yang mendadak menjadi pedagang, jual beli, dari menjadi reseller, internet marketer atau yang lain, ada juga yang sekedar mengisi waktu luang dengan berbagai kegiatan positif seperti aktif di kegiatan sosial, contohnya berbagi alat kesehatan masker, hand sanitizer dll, tertulis di artikel terdahulu.

Berbagai langkah atau cara melakukan terobosan dalam mengantisipasi dampak ekonomi dari Corona virus diatas, Agama adalah solusi, bahkan bisa dikatakan solusi terbaik, walaupun bisa jadi banyak orang yang belum mencobanya, itu semua kembali pada tingkat keimanan masing-masing. Dalam ajaran Agama Islam banyak diajarkan bagaimana manusia bisa keluar dari segala masalah. Ketika ajaran ini benar-benar ditaati dan dilakukan oleh umatnya, maka jalan keluar dari segala masalah akan benar-benar dimudahkan oleh Allah SWT.

  1. Berdoalah kepada Allah, meminta segala sesuatu, dari perkara besar sampai perkara kecil-kecil. Allah Ta’ala berfirman:

ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Berdoalah kepadaKu, Aku akan kabulkan doa kalian. Sungguh orang-orang yang menyombongkan diri karena enggan beribadah kepada-Ku, akan dimasukkan ke dalam neraka Jahannam dalam keadaan hina dina” (QS. Ghafir: 60).

  1. Dalam sebuah hadits qudsi, Allah Ta’alaberfirman:

يا عبادي ! كلكم جائعٌ إلا من أطعمتُه . فاستطعموني أُطعمكم . يا عبادي ! كلكم عارٍ إلا من كسوتُه . فاستكسوني أكْسُكُم

Wahai hamba-Ku, kalian semua kelaparan, kecuali orang yang aku berikan makan. Maka mintalah makan kepadaku, niscaya aku akan berikan. Wahai hamba-Ku, kalian semua tidak berpakaian, kecuali yang aku berikan pakaian, Maka mintalah pakaian kepada-Ku, niscaya akan aku berikan” (HR. Muslim no. 2577).

  1. Dibalik ujian berupa banyak kesulitan dan penderitaan ada kemudahan yang mengiringinya. Allah Ta’ala berfirman,

فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

“Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan,” (QS. Al-Insyirah 94: Ayat 5)

  1. Allah Ta’ala berfirman bahwa sesungguhnya sesudah kesulitan pasti ada kemudahan, kemudian berita ini diulangi-Nya lagi.

قَالَ ابْنُ جَرِيرٍ: حَدَّثَنَا ابْنُ عَبْدِ الْأَعْلَى حَدَّثَنَا ابْنُ ثَوْرٍ عَنْ مَعْمَر عَنِ الْحَسَنِ قَالَ: خَرَجَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمًا مَسْرُورًا فَرِحًا وَهُوَ يَضْحَكُ وَهُوَ يَقُولُ: لَنْ يَغْلِب عُسْر يُسْرَيْنِ لَنْ يَغْلِبَ عُسْرٌ يُسْرَيْنِ فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا.

Ibnu Jarir mengatakan, telah menceritakan kepada kami Ibnu Abdul A’la, telah menceritakan kepada kami Ibnu Saur, dari Ma’mar, dari Al-Hasan yang mengatakan bahwa di suatu hari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar dalam keadaan senang dan riang seraya tersenyum, lalu bersabda: Satu kesulitan tidak akan dapat mengalahkan dua kemudahan, satu kesulitan tidak akan dapat mengalahkan dua kemudahan. Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.

 

  1. Janji Allah Untuk Orang Yang Bertakwa

 

  • Diberi jalan keluar dari segala urusannya.

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا 

“Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar.” (Qs. at-Talaq: 2)

 

  • Diberi rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.

وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۚ 

“Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya.” (Qs. at-Talaq: 3)

 

  • Diberi kemudahan dalam segala urusannya.

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مِنْ أَمْرِهِ يُسْرًا 

“Dan barang siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.” (Qs. at-Talaq: 4)

 

  • Dihapus segala kesalahannya.
  • Dilipat gandakan pahalanya.

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يُكَفِّرْ عَنْهُ سَيِّئَاتِهِ وَيُعْظِمْ لَهُ أَجْرًا 

“Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan menghapus kesalahan-kesalahannya dan akan melipat gandakan pahala baginya.” (Qs. at-Talaq: 5)

 

 

 

 

Tags:

0 thoughts on “AGAMA ADALAH SOLUSI

Leave a Reply

Your email address will not be published.

OFFICE

Graha Jatimulya kav. 24 Jln Saxophone Malang

 

HOTLINE :

Wasis          : 08123397093

Ayok Putra : 081244767477

Web site      : www.oasisoutboundmalang.com

Email           : oasisindonesia111@gmail.com

KATEGORI ARTIKEL

Butuh Bantuan ? Chat dengan Kami