SHOPPING CART

close

SOLUSI DIMASA PANDEMI

SOLUSI DIMASA PANDEMI

Dampak wabah Corona Covid-19 ini pada masyarakat Indonesia sungguh luar biasa di berbagai sektor seperti sosial, ekonomi, budaya serta pendidikan. Banyak perusahaan gulung tikar, hotel tutup, tempat pariwisata tidak lagi beroperasional, akibatnya banyak terjadi pengangguran dan peningkatan kejahatan. Orang bekerja tidak lagi di kantor tapi di rumah (work from home), demikian juga anak sekolah, mereka belajar dari rumah dengan panduan ibu bapak guru melalui media online

Perubahannya begitu drastis, berbagai gaya hidup dipaksa untuk menjadi online, padahal untuk bisa online diperlukan biaya. Bidang usaha jasa atau bidang yang lain, dimana pada saat sebelum terjadi warah Covid-19 merupakan primadona, selalu dipenuhi masa, tempat mencari uang dengan gampang seperti mal, café, tempat wisata tiba-tiba harus tutup, belum lagi bidang industri

Dengan kondisi seperti, ini mau tidak mau semua orang dipaksa untuk berubah, berubah menyesuaikan dengan keadaan, ada banyak cara yang bisa dilakukan menghadapi situasi ini, dari yang hanya sekedar mengisi waktu luang, menghindari stress karena PHK, sampai yang ingin bertahan hidup.

 

  1. MENJADI ENTEPREUNER DADAKAN

Pada dasarnya semua manusia punya potensi untuk menjadi  luar biasa, namun untuk mengeluarkan potensi itu haruslah ada pemicunya. Dalam kondisi terdesak maka potensi itu akan muncul, dalam situasi pandemi ada beberapa pilihan yang bisa dijadikan alternative menambah pendapatan atau mengganti penghasilan kita yang hilang.

  1. Jual beli.

Untuk bisa melakukan jual beli yang bisa mendatangkan keuntungan, pilihlah barang-barang yang saat ini lagi dibutuhkan seperti produk alat kesehatan, contoh masker, apd dll, juga kebutuhan bahan pokok.

  1. Internet marketing

Bagi yang punya potensi di dunia maya, internet marketing merupakan salah satu pilihan yang bisa mendatangkan penghasilan, peluangnya cukup besar karena hamper semua orang sekarang berjualan lewat dunia maya.

  1. Reseller

Menjadi reseler adalah alternative pengisi waktu yang bisa juga menghasilkan uang, ini alternative yang cukup aman, mencari tempat kulakan yang paling murah dan kemudian menjualnya lagi.

 

  1. AKTIF DI KEGIATAN SOSIAL

Selain aktifitas bisnis yang bisa mendatangkan uang seperti diatas, ada kegiatan yang cukup positif yang bisa membuat perasaan bahagia hidup berkualitas & bermnafaat. Sebagaimana bahwa manusia  adalah makluk sosial maka perlu melakukan kegiatan sosial.

  1. Berdonasi, berbagi.

Begitu banyak lembaga, yayasan atau organisasi non profit yang bisa dijadikan tempat berdonasi membantu yang lemah, orang-orang yang terdampak wabah corona ini. Bisa juga dengan melakukan hal-hal  sederhana seperti berbagi makanan yang ada kepada kaum duafa atau yang membutuhkan, berbagi alat kesehatan seperti masker, hand sanitizer dll yang banyak diperlukan masyarakat.

  1. Membantu tenaga kesehatan

Apabila mempunyai cukup waktu dan tenaga, bisa juga melibatkan diri dalam kelompok relawan, seperti penyemprotan disinfektan di tempat-tempat umum, atau menjadi relawan kesehatan korban corona dll.

  1. Kegiatan sosial lain

Seperti melakukan donor darah, melakukan kampanye edukasi masa seperti physical distance, cuci tangan, masker, dengan cara online melalui media sosmed FB, IG dll.

 

  1. MENGGELUTI HOBI

Dengan kondisi dimasa pandemi ini, tidak sedikit masyarakat yang terdampak baik fisik maupun psikis. Ketika dampak itu masuk ranah psikologis seseorang bisa menjadi stress, depresi itu yang bahaya. Oleh karenanya untuk bisa meminimalisir hal tersebut, salah satu kegiatan alternatinya yaitu dengan menggeluti hobi, tentunya hobi yang masih menjaga norma aturan pandemic corona, seperti jaga jarak dll.

Ketika hobi itu digeluti secara serius sedemikian rupa bisa menjadikan potensi sumber rejeki tersendiri, sehingga selain mendapatkan  kebahagiaan atas hobi itu, bisa pula bisa mendatangkan uang.

 

 

Tags:

0 thoughts on “SOLUSI DIMASA PANDEMI

Leave a Reply

Your email address will not be published.

OFFICE

Graha Jatimulya kav. 24 Jln Saxophone Malang

 

HOTLINE :

Wasis          : 08123397093

Ayok Putra : 081244767477

Web site      : www.oasisoutboundmalang.com

Email           : oasisindonesia111@gmail.com

KATEGORI ARTIKEL

Butuh Bantuan ? Chat dengan Kami