SHOPPING CART

close

HABIT POSITIF MENGHADAPI CORONA

HABIT POSITIF MENGHADAPI CORONA

            Masalah virus Corona sudah banyak dibahas di berbagai medsos tentang dampak buruk yang terjadi, mulai dari tingkat penyebaran sampai dengan angka kematian. Tentang hal-hal yang bisa membuat perasaan kawatir, takut bahkan depresi. Untuk itu dibawah ini akan dibahas tentang habit positif yang bisa meminimalisir terjangkitnya wabah virus Corona itu, sebagai berikut :

  1. CUCI TANGAN

Habit pertama dan sederhana yang bagus kita biasakan yaitu dengan cuci tangan secara teratur, terutama sebelum dan setelah makan, setelah menggunakan toilet, setelah menyentuh binatang, membuang sampah, serta setelah batuk atau bersin. Mencuci tangan dengan benar adalah cara paling sederhana namun efektif untuk mencegah penyebaran virus ini. Cuci tangan sebaiknya dengan air mengalir dan sabun, setidaknya selama 20 detik. Pastikan seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku. Setelah itu, keringkan tangan menggunakan tisu, handuk bersih, atau mesin pengering tangan.

  1. MENGGUNAKAN MASKER

Hal kedua yang harus kita biasakan dalam mengantisipasi wabah ini, yaitu dengan menggunakan masker. Walau tidak sepenuhnya efektif mencegah paparan kuman, namun penggunaan masker ini tetap bisa menurunkan risiko penyebaran penyakit infeksi, termasuk infeksi virus Corona. Penggunaan masker lebih disarankan bagi orang yang sedang sakit untuk mencegah penyebaran virus dan kuman, ketimbang pada orang yang sehat. Cara pakai masker bedah yang benar adalah sisi berwarna pada masker harus menghadap ke luar, sementara sisi dalamnya yang berwarna putih menghadap wajah dan menutupi dagu, hidung, dan mulut. Sisi berwarna putih terbuat dari material yang dapat menyerap kotoran dan menyaring kuman dari udara.

  1. MENJAGA JARAK

Sesuai dengan anjuran pemerintah satu di antara pencegahan penyebaran virus Corona yang efektif adalah jaga jarak social. Dengan menerapkan physical distancing ketika beraktivitas di luar ruangan atau tempat umum, anda sudah melakukan satu langkah mencegah terinfeksi virus Corona. Jaga jarak aman anda dengan orang lain adalah sekitar satu meter. Tetapi akan lebih aman lagi bila kita tetap tinggal di rumah, menghindari keluar rumah kecuali terpaksa atau dalam keadaan darurat.

  1. SOSIALISASI SEPERLUNYA

Dalam hal sosialisasi ini, Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan Kepolisian Republik Indonesia sudah membuat peraturan untuk tidak melakukan aktivitas keramaian yang melibatkan banyak orang selama pandemi virus Corona. Tak hanya tempat umum, seperti tempat makan, gedung olah raga dll. Dianjurkan untuk Stay At Home atau Work From Home

  1. JAGA DAYA TAHAN TUBUH

Selalu upayakan kondisi tubuh kita dalam keadaan fit & bagus dengan melakukan olahraga secara rutin serta makan makanan yang bergizi, istirahat yang cukup. Daya tahan tubuh yang kuat dapat mencegah munculnya berbagai macam penyakit. Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat, seperti sayuran dan buah-buahan, dan makanan berprotein, seperti telur, ikan, dan daging tanpa lemak. Bila perlu, Anda juga menambah konsumsi suplemen sesuai anjuran dokter.

  1. ETIKA BATUK & BERSIN

Salah satu habit bagus yang bisa dilakukan adalah menutup hidung dan mulut pada saat batuk atau bersin, agar orang yang ada di sekitar tidak terkena percikan kelenjar liur. Satu di antara penyebaran virus Corona bisa melalui udara. Lebih baik gunakan tisu ketika menutup mulut dan hidung ketika bersin atau batuk. Cuci tangan Anda hingga bersih menggunakan sabun agar tidak ada kuman, bakteri, dan virus yang tertinggal di tangan.

  1. HINDARI BERSENTUHAN FISIK

Usahakan sebisa mungkin tidak bersentuhan secara langsung dari kulit ke kulit orang lain, baik pada saat berjabat tangan maupun aktifitas yang lain. Menghindari kontak kulit seperti berjabat tangan mampu mencegah penyebaran virus Corona, sebab kulit kita adalah salah satu media penyebaran bagi virus Corona.

Tags:

0 thoughts on “HABIT POSITIF MENGHADAPI CORONA

Leave a Reply

Your email address will not be published.

OFFICE

Graha Jatimulya kav. 24 Jln Saxophone Malang

 

HOTLINE :

Wasis          : 08123397093

Ayok Putra : 081244767477

Web site      : www.oasisoutboundmalang.com

Email           : oasisindonesia111@gmail.com

KATEGORI ARTIKEL

Butuh Bantuan ? Chat dengan Kami