SHOPPING CART

close

TIPS MENGHALAU BOSAN #dirumahaja UNTUK ANAK DAN DEWASA

TIPS MENGHALAU BOSAN #dirumahaja UNTUK ANAK DAN DEWASA

Admin : Putra

Kasus ini menginfeksi Pasien 1 dan Pasien 2, berjenis kelamin perempuan, berusia 64 dan 31 tahun (Ibu dan Anak), kemungkinan besar ke dua pasien ini terinfeksi dari seorang warga Negara Jepang, kawan dari sang ibu. Setidaknya inilah garis besar pengumuman kasus pertama COVID 19 di Indonesia yang diumumkan secara resmi oleh Presiden Jokowi pada 2 Maret 2020.

Dari waktu ke waktu, penyebaran dan infeksi dari virus ini semakin meningkat, jumlah terpapar maupun meninggal dunia juga dalam angka yang mengkhawatirkan (COVID19,go,id), Langkah langkah pencegahan dan penanganan dari waktu ke waktu segera dirumuskan, diputuskan dan disosialisasikan kepada masyarakat, partisipasi masyarakat digalang dan diposisikan menjadi salah satu subyek untuk pencegahannya, kita mengenal gerakan, #Di Rumah Aja (stay at home) , #Bekerja dari Rumah (work from home) yang intinya adalah mengurangi mobilitas manusia untuk mengurangi dan menghindari penularan secara massif dari virus ini (social distancing & physical distancing).

Tepat hari Minggu, 15 Maret 2020 pemerintah melalui Presiden menetapkan gerakan Jaga Jarak (social distancing dan physical distancing), sampai tanggal 18 April 2020 ini terhitung sudah lebih dari 1 bulan.

Berada di rumah dalam waktu yang cukup lama dengan aktifitas yang sangat berbeda dengan kebiasaannya butuh adaptasi yang tidak mudah, kebosanan, kejenuhan bahkan memicu gangguan mental sangatlah mungkin bagi orang orang yang tidak dapat mengelola serta mengisi aktifitas selama di rumah saja dengan kegiatan yang selain beragam juga menyenangkan.

Berikut beberapa Tips yang dapat dijadikan alternatif untuk mengisi waktu selama #stayathome atau #yukdirumahsaja yang dapat dilakukan baik untuk anak-anak maupun orang dewasa ;

  1. Mengenang Kenangan Keluarga melalui Album Foto, Galeri Foto atau film yang kebersamaan;

Membuka album foto, galeri foto yang tersimpan atau film2 yang meibatkan anggota keluarga dari masa ke masa akan sangat menarik, menyenangkan serta menumbuhkan saling saying diantara anggota keluarga, ini juga akan menambah ketahanan mental serta saling menyayangi dan saling menjada diantara anggota keluarga, terlebih pada situasi seperti ini.

  1. Melakukan Permainan Bersama yang Tidak Terikat dengan Peraturan Tertentu

Permainan ini bisa dilakukan dengan menyusun kartu-kartu atau barang-barang sejenis dengan deretan pola tertentu, setelah semuanya tersusun,  dengan sentuhan salah satunya maka secara berurutan satu persatu akan roboh. Permainan dengan aturan yang tidak baku semacam ini akan menghindarkan dari tingkat kebosanan karena tidak monoton, sesuai dengan kreatifitas serta tidak mengandung unsure benar salah.

  1. Melakukan permainan tradisional tanpa alat atau alat sederhana di dalam rumah;

Permainan semacam engklek, dakon, bola bekel, dll selain dapat dilakukan didalam rumah dengan wahana yang sempit juga berbiaya murah, menyenangkan serta sekaligus sarana berolah raga.

  1. Menonton Film yang merupakan kesenangan bersama;

Ini dapat dilakukan di computer, pemutar film atau alat sejenis di rumah, lebih beruntung lagi jika dirumahmu ada jaringan internet, tetapi jika di rumahmu tidak ada jaringan internet kamu dapat menonton ulang film2 kenangan di koleksimu. Film bisa dipilih bersama setelah itu bisa saling diobrolkan keseruannya dari versi masing-masing.

  1. Membaca Buku Yang Dapat mendorong Keinginan Untuk Traveling Bersama;

Membaca serta meperhatikan gambar-gambar yang menarik tidak hanya mampu mengusir kebosanan serta membuat hati menjadi senang, tetapi juga dapat membuat anggota keluarga terlibat dalam obrolan yang hangat untuk merencanakan traveling setelah situasi ini berlalu.

  1. Membuat serta memainkan permainan ketangkasan;

Permainan ini dapat menggunakan barang-barang yang sudah ada di rumah, semacam gelas plastic, boneka, dan yang sejenis, taruhlah dengan posisi tertentu dan poin tertentu, lalu lemparkanlah serta hitunglah sesuai poin yang terkena, atau dapat gunakan kaleng dan tempat sampah kering yang ditaruh dengan jarak tertentu serta point tertentu, setiap bola yang dilempar masuk, maka poin itulah yang diccatat dan dilombakan.

Tematik SD

Banyak hal serta kegiatan lain yang dapat dicari atau yang sudah ada untuk dimainkan atau dimaksimalkan kembali, bahkan andapun bisa membuat kreasi sendiri apa yang dapat dilakukan bersama anggota keluarga, berapapun usia anggota keluarga yang ada di dalamnya. Secara umum, pertimbangan, bisa dilakukan di dalam rumah, berbiaya ekonomis, dapat melibatkan seluruh atau sebanyak-banyaknya anggota keluarga, mengandung unsure kesenangan, upayakan mempertimbangkan tugas-tugas perkembangan anggota keluarga serta tidak berbahaya adalah beberapa syarat utama yang perlu dipertimbangkan pertama kali.

Selamat bersenang-senang dan berbahagia bersama keluarga selama #stayathome atau #yukdirumahaja, nanti kalau Pandemi COVID 19 ini sudah berlalu, bolehlah Jalan-jalan seru dengan OASIS Outbound Malang

Tags:

0 thoughts on “TIPS MENGHALAU BOSAN #dirumahaja UNTUK ANAK DAN DEWASA

Leave a Reply

Your email address will not be published.

OFFICE

Graha Jatimulya kav. 24 Jln Saxophone Malang

 

HOTLINE :

Wasis          : 08123397093

Ayok Putra : 081244767477

Web site      : www.oasisoutboundmalang.com

Email           : oasisindonesia111@gmail.com

KATEGORI ARTIKEL

Butuh Bantuan ? Chat dengan Kami