SHOPPING CART

close

MENYUSUN PROGRAM OUTBOUND EDISI 3

MENYUSUN PROGRAM OUTBOUND

EDISI 3

       Pada artikel edisi 1 dan 2 sudah banyak yang dibahas tentang bagaimana Menyusun Program Outbound Training yang berdampak pada pesertanya serta membawa perubahan yang signifikan. Langkah pertama adalah melakukan Training Needs Analysis  atau analisis kebutuhan pelatihan sebuah kegiatan yang dilakukan sebelum training dimulai guna memperoleh gambaran komprehensif tentang strategi pembelajaran yang sebaiknya diterapkan, tentang materi yang akan diberikan, alokasi waktu tiap materi dll. Ini merupakan bagian terpadu dalam merancang pelatihan agar pelatihan bermanfaat bagi peserta pelatihan. Dari analisis ini akan diketahui pelatihan apa saja yang relevan bagi suatu perusahaan sehingga tidak ada gab atau kesenjangan antara harapan yang diinginkan perusahaan terhadap pelatihan itu dengan kenyataan yang ada atau kenyataan yang terjadi.

       Begitu diketahui bawa kebutuhan trainingnya adalah Team Building, maka perlu diketahui tahap-tahapnya sebagai berikut, 5 Tahap Perkembangan Kelompok dari Bruce Tuckman : Forming, Storming, Norming, Performing, Adjourning. Dilanjut dengan menentukan jenis Karakteristik Program Training yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dr. Simon Priest mengkategorikan program EBTD menjadi 4 tipe, yaitu : Recreational, Educational, Development, Redirection. Setelah dipilih atau diputuskan Karakteristik Program Trainingnya, maka langkah berikutnya adalah menterjemahkan objective program dalam tahapan-tahapan yang harus dilalui serta disesuaikan dengan berbagai tantangan, simulasi, game. Tidak kalah penting juga mengikuti sequen training sbb : Conditioning, Trust Building, Initiative Problem Solving, Final Project.

     

 

Desain program diatas akan bisa diterjemahkan dengan baik di lapangan dengan dukungan kepanitiaan yang terorganisir. Experiential Learning Programer, berikutnya akan menyiapkan hal-hal sebagai berikut :

  1. FASILITATOR

Jumlah fasilitator yang akan menangani program, kesesuaian antara rasio jumlah peserta dan jumlah fasilitator harus tepat sesuai program yang dipilih. Fasilitator adalah faktor penentu program yang bertugas menterjemahkan objective program dalam bentuk tantangan, simulasi, games, sehingga harus mempunyai kecakapan berbagai kompetensi.

  1. LOKASI KEGIATAN

Dalam memilih lokasi kegiatan ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan. Yang pertama adalah analisa resiko, dimana tingkat keamanan lokasi menjadi prioritas, tempat berkumpul dalam keadaan darurat serta jalur evakuasi, baru kemudian pertimbangan varian tantangan yang dibutuhkan sesuai program, seperti lapangan, hutan, danau serta kelayakan, kenyamanan, dll.

  1. PERALATAN

Dari desain program yang dibuat akan muncul berbagai jenis tantangan, simulasi dan games, dan dari itu akan diketahui kebutuhan alat dan bahan yang diperlukan, kebutuhan peralatan program rekreasional pasti akan berbeda dengan program development. Selain kebutuhan peralatan untuk games juga peralatan umum, peralatan regu dan peralatan personal.

  1. LTS

Logistic Team Support (LTS) adalah team yang bertugas untuk menyiapkan segala macam peralatan demi kelancaran pelatihan, dibawah arahan Experiential Learning Programer serta membantu fasilitator bila diperlukan .

  1. MEDIS

Tim medis diperlukan pada kegiatan atau program yang mengandung resiko tinggi seperti kegiatan petualangan, rope course dll. Diperlukan juga untuk program development dengan durasi panjang 3 hari atau lebih, menjaga serta memastikan peserta dalam keadaan sehat, mengantisipasi dalam keadaan darurat safety first.

  1. PSIKOLOG

Pada program tertentu dimana klien meminta laporan psikologi peserta training berupa personal report diperlukan psikolog, untuk melakukan observasi perilaku peserta.

            Dengan mengikuti panduan dan perangkat program seperti diatas kegiatan diharapkan akan berjalan lancar dan aman serta goal dari pelatihan bisa tercapai. https://www.oasisoutboundmalang.com/memilih-provider-outbound-profesional/

 

 

 

 

 

Tags:

0 thoughts on “MENYUSUN PROGRAM OUTBOUND EDISI 3

Leave a Reply

Your email address will not be published.

OFFICE

Graha Jatimulya kav. 24 Jln Saxophone Malang

 

HOTLINE :

Wasis          : 08123397093

Ayok Putra : 081244767477

Web site      : www.oasisoutboundmalang.com

Email           : oasisindonesia111@gmail.com

KATEGORI ARTIKEL

Butuh Bantuan ? Chat dengan Kami