SHOPPING CART

close

PROFESI YANG AKAN BERTAHAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

PROFESI YANG AKAN BERTAHAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Indonesia sudah tidak dapat membendung lagi laju perkembangan revolusi industry, kita mengenal revolusi industry 1.0 sampai dengan saat ini revolusi indrustri 4.0 https://id.wikipedia.org/wiki/Industri_4.0, walaupun dibeberapa Negara sebenarnya sudah masuk ke era Society atau dikenal 5.0.
Revolusi industry 4.0 dalam buku “The Fourth Industrial Revolution” menekankan pada pemanfaatan teknologi dalam bidang fisik, digital maupun biologi, yang saat ini kita sebenarnya telah merasakannya, mulai dari teknologi 3D printing ke bioteknologi sampai peranan mesin dan teknologi yang sudah mupai menggantikan peran-peran manusia.
Dampaknya memang bisa positif maupun negatif, sisi positif yang kita rasakan dari perkembangan teknologi 4.0 ini sebagai contoh adalah semakin cepatnya informasi bidang pelayanan kesehatan juga menjadi lebih akurat serta lebih cepat. Pengurangan peran tenaga kerja manusia dalam bidang industry yang digantikan oleh mesin menjadi salah satu dampak negative dari revolusi Industri 4,0 ini. Ini member arti bahwa aka nada beberapa profesi yang selama ini ada serta mengambil peranan dalam industry akan hilang.

Selain akan ada profesi yang hilang sebenarnya juga akan tetap ada profesi yang tidak akan hilang seiring dengan adanya revolusi indrustri 4.0 ini, yaitu ; industry yang dikembangkan berbasis kreatifitas dan yang bersifat soft skill (kemampuan yang berkembang mengikuti tantangannya atau biasa disebut kecerdasan emosional, kemampuan ini sulit sekali bahkan mustahil untuk dimiliki oleh sebuah robot atau mesin. Oleh karenanya manusia dapat mengandalkan pekerjaan atau profesi yang berbasis pada KRATIFITAS.
Banyak pilihan profesi yang berbasis pada kreatifitas https://www.kompasiana.com/adyaoriza/5cebe984aa3ccd5b1c0817d7/profesi-apa-yang-eksis-di-era-revolusi-industri-4-0, semisal Content Creator, Development Software, Experiential Program, Dunia Pariwisata, Motivator dan masih banyak lagi. Kemampuan ini bukanlah kemampuan bawaan tetapi kemampuan atau profesi yang dapat dilatihkan, memang jika memiliki bakat akan menjadi lebih mudah. Untuk menjadi kreatif memiliki ide ide yang positif sebelum dilatihkan dan juga untuk menyiapkan menghadapi revolusi 4.0 ini yang perlu ditata sebelumnya adalah sikap mental, sikap mental bahwa siap berubah, sikap mental bahwa kemampuan manusia, kemampuan otak manusia tanpa batas, serta sikap mental bahwa Bisa kalau kita Bisa dan memberikan peluang sangatlah penting. Kita sering mendengar keluhan, “saya sudah beberapakali mengikuti sesi motivasi tapi kok masih begini begini saja, saya sudah beberapa kali mengikuti pelatihan keterampilan, mendengarkan kisah sukses yang langsung dituturkan dari banyak orang hebat, tapi kok rasanya saya tidak akan bisa seperti mereka.
Ya …. Menyiapkan sikap Mental menghilangkan Mental Block ini menjadi prasyarat utama yang harus dihilangkan terlebih dahulu sebelum kita ingin menjadi manusia kreatif dan menjalani profesi yang tidak akan hilang meski melewati banyak era revolusi industry.
Terdapat banyak lembaga yang dapat menjadi mitra untuk membuka pandanngan positif serta mental positif serta kreatif, salah satunya yang sudah berpengalaman dan professional bisa dijadikan rujukan adalah https://www.oasisoutboundmalang.com/.

Tags:

0 thoughts on “PROFESI YANG AKAN BERTAHAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Leave a Reply

Your email address will not be published.

OFFICE

Graha Jatimulya kav. 24 Jln Saxophone Malang

 

HOTLINE :

Wasis          : 08123397093

Ayok Putra : 081244767477

Web site      : www.oasisoutboundmalang.com

Email           : oasisindonesia111@gmail.com

KATEGORI ARTIKEL

Butuh Bantuan ? Chat dengan Kami